35 Manfaat Makan Ikan untuk Kesehatan

35 Manfaat Makan Ikan Untuk Kesehatan

Faktanya ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat baik untuk kesehatan. Hal ini diperkuat dengan banyaknya nutrisi penting pada ikan, seperti asam lemak tak jenuh, kandungan kalori yang rendah, yodium, selenium, flourida, zat besi, magnesium, zink, taurin, dan masih banyak lagi, sehingga manfaat makan ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengonsumsi ikan minimal 2 – 3 kali seminggu adalah pilihan yang baik, karena Bunda telah melakukan pencegahan terhadap beberapa penyakit. Selain itu, fakta makan ikan memiliki efek jangka panjang yang dapat membuat generasi yang lebih cerdas dan sehat. Jika Bunda ingin mempunyai gaya hidup sehat, pilihlah menu ikan sebagai hidangan sehari-hari.

Namun, sayangnya masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang sadar akan pentingnya makan ikan dan minimnya pengetahuan akan manfaat makan ikan. Padahal dari segi harga maupun dari segi manfaat, makan ikan jauh lebih murah dan manfaatnya lebih sehat dibandingkan dengan daging. Agar Bunda dan keluarga lebih semangat makan ikan, yuk ketahui info menarik dan unik mengenai fakta makan ikan berikut ini:

  1. Fakta ikan yang pertama adalah ikan merupakan sumber terbaik lemak omega-3.
  2. Manfaat makan telur ikan dapat mengatasi kerutan pada wajah.
  3. Dari hasil sebuah study dilaporkan bahwa manfaat makan ikan bagi ibu hamil yang mengonsumsi suplemen minyak ikan, memiliki khasiat dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada balita.
  4. Anak-anak dari para ibu yang mengonsumsi minyak ikan ternyata mempunyai nilai lebih tinggi pada daya nalar (kekomprehensifan), kemampuan mengingat frase yang panjang dan lebih kaya kosa kata.
  5. Fakta makan ikan dapat menurunkan risiko penyakit AMD (Age-Related Macular Disease) atau kondisi memburuknya penglihatan secara progresif.
  6. Laki-laki yang lebih banyak makan ikan mempunyai risiko menderita kanker prostat lebih kecil dibandingkan dengan laki-laki yang sedikit atau tidak sama sekali makan ikan.
  7. Manfaat makan ikan pada laki-laki dapat membuat fisiknya menjadi lebih aktif.
  8. Fakta makan ikan, terutama yang banyak mengandung asam lemak omega -3 seperti salem, herring dan mackerel dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker prostat.
  9. Omega-3 pada ikan juga dapat menjadikan jantung sehat. Omega-3 memiliki fungsi dapat membantu mencegah pembekuan darah di dinding arteri, yang pada akhirnya dapat melindungi dari serangan penyakit jantung.
  10. Faktanya, ikan dan keluarga besarnya mengandung nutrisi penting seperti asam lemak omega 3, protein, selenium, besi, zinc (seng) yang dapat menguatkan kuku dan tulang.
  11. Manfaat makan ikan secara rutin bagi ibu hamil mampu turunkan risiko kelahiran premature dan berat lahir bayi yang rendah.
  12. Fakta makan ikan juga bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit asma pada anak-anak.
  13. Manfaat makan ikan kurangi risiko kanker ginjal. Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa para wanita yang mengonsumsi ikan berlemak satu kali atau lebih dalam seminggu, mempunyai kemungkinan 44% lebih rendah terhadap penyakit kanker ginjal.
  14. Fakta ikan lainnya, makan ikan kurangi risiko diabetes pada anak-anak. Belum lama ini, Journal of the American Medical Association (JAMA) telah mempublikasikan studi internasional baru tentang peran makan ikan yang dapat mengurangi risiko penyakit diabetes pada anak-anak.
  15. Manfaat makan ikan dapat mengindari dan meminimalkan penyakit serius atau kronis seperti serangan jantung, stroke, diabetes, kanker rahim, depresi, dan gangguan ketidakstabilan emosi lainnya.
  16. Manfaat makan ikan dan seafood dapat mengurangi gangguan kesehatan mental.
  17. Para ibu yang makan ikan paling banyak selama kehamilan, akan mempunyai anak dengan kemampuan gerak dan kognitif lebih baik.
  18. Makan dengan menu ikan dapat tingkatkan kemampuan bahasa dan kecerdasan anak. Wanita yang mengonsumsi ikan secara rutin selama kehamilan akan mempunyai anak dengan kemampuan bahasa dan komunikasi yang lebih baik sebelum usia 18 bulan.
  19. Mengonsumsi minyak ikan secara rutin terbukti dapat mencegah penyakit kanker kulit.
  20. Fakta makan ikan bagi ibu hamil lainnya dapat mengurangi depresi pasca melahirkan, mood swing, dan babyblues.
  21. Produk ekstrak ikan gabus berguna untuk membantu meningkatkan kesehatan serta mempercepat kesembuhan dan pemulihan penderita kekurangan albumin, protein, haemoglobin, zat besi, penyakit stroke, diabetes mellitus, kanker, lupus, parkinson, jantung, penyakit hati, ginjal, asma, pasca operasi, lanjut usia, dan lainnya.
  22. Mengonsumsi ikan lebih banyak dapat meningkatkan stamina serta mencegah stroke.
  23. Manfaat makan ikan juga cocok untuk orang yang sedang diet. Dengan pola makan yang benar mengonsumsi ikan dapat mencegah kegemukan.
  24. Omega 3 pada ikan memiliki fungsi dapat memperbaiki fungsi paru-paru.
  25. Manfaat mengonsumsi minyak ikan dengan kandungan EPA yang tinggi, dapat mengurangi gejala schizophrenia.
  26. Mengonsumsi minyak ikan secara teratur juga dapat mengatasi masalah kepribadian yang diderita oleh remaja.
  27. Mengonsumsi ikan menjadi faktor yang amat penting untuk mencegah kekurangan selenium. Penyakit kekurangan selenium antara lain pertumbuhan lambat, distrofi otot atau hilangnya jaringan otot, necrosis jantung, ginjal, dan hati.
  28. Kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi dan ayam.
  29. Nutrisi dan vitamin pada ikan berperan dalam pengembangan daya penglihatan dan pertumbuhan syaraf di retina mata.
  30. Nutisi pada ikan juga dapat menurunkan gejala sindrom mata kering
  31. Manfaat makan ikan juga baik untuk kulit. Mengonsumsi ikan dapat membantu mengurangi pengaruh penuaan dini akibat matahari.
  32. Fakta makan ikan dapat menyehatkan persendian, yaitu membantu mengurangi gejala dan peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis.
  33. Manfaat makan ikan lainnya dapat membantu melindungi dari serangan jantung dan kematian mendadak.
  34. Anak-anak yang dilahirkan oleh ibu yang mengonsumsi asam amino omega 3 mempunyai kecerdasan dan ketrampilan sosial lebih baik dibandingkan dengan yang dilahirkan oleh ibu yang tidak mengonsumsi asam amino omega 3.
  35. Nutrisi pada ikan merupakan salah satu sumber vitamin B12 yang berfungsi mencegah kelainan system saraf pusat, gangguan mood, serta demensia.
 
 
Update terakhir: